Pembuatan Kultur Murni (Parental) Jamur Tiram dengan Teknik Kultur Jaringan Menggunakan Media PDA (Potatoes Dextrose Agar) bagian 1


Tahap 1. Pembuatan Medium PDA

medium PDA

Bahan bahan yang diperlukan

  • Kentang            : 250 gram
  • Dekstrosa         : 20 gram
  • Agar powder    : 20 gram
  • Air  akuades     : 1 liter
  • Kapas  secukupnya

Alat-alat

  • cawan petri/botol kecil
  • Autoclave atau panci presto
  • Kompor

Proses pembuatan

    1. Setelah dikupas, kentang selanjutnya di potong-potong  dengan ukuran ±1 cm3. kemudian di cuci bersih.
    2. Siapkan cawan petri atau bisa juga digunakan botol-botol kecil yang berbentuk seperti botol whiskey. Cuci botol tersebut hingga bersih. Akan lebih baik apabila botol tersebut disterilkan dengan cara merebusnya ke dalam air mendidih.
    3. Kentang yang telah dicuci selanjutnya direbus dengan air sebanyak 1 liter selama 15-20 menit.
    4. Setelah selesai, pisahkan kentang hasil rebusan tersebut. Kemudian saring airnya hingga bersih. Apabila volume air kentang tersebut berkurang tambahkan air lagi hingga menjadi 1  liter  larutan PDA.
    5. Larutan  PDA (1 liter) kemudian dipanaskan kembali  sambil menambahkan dektrosa dan agar-agar secara perlahan hingga terlarut sempurna.
    6. Setelah terlarut dengan baik, tuangkan larutan PDA tersebut ke dalam botol sebanyak 1/4 volume botol.
    7. tutup botol tersebut dengan menggunakan kapas.
    8. Botol yang telah diisi media PDA selanjutnya disterilisasi menggunakan autoclave atau panci presto selama 20- 30 menit.
    9. Setelah selesai, keluarkan botol tersebut dan letakkan dalam posisi miring. Tujuannya untuk memperluas area dari media PDA sehingga pertumbuhan miselium jamur akan lebih banyak. Usahakan kemiringan hingga media PDA mendekati leher botol tapi tidak sampai menyentuh kapas pada tutup botol. Sentuhan media PDA dengan kapas dapat menyebabkan kontaminasi.

Untuk meyakinkan apakah media PDA ini terkontaminasi atau tidak biarkan selama beberapa hari kemudian perhatikan apabila terdapat titik titik hitam maka besar kemungkinan media telah terkontaminasi. Sebaliknya, apabila media terlihat bersih maka media PDA siap untuk digunakan dan diinokulasi dengan bibit jamur tiram.

AdityaRial