KOMPETENSI


Kita mengagumi orang yang menunjukkan kompetensi tinggi, entah itu perajin, atlet, atau pemimpin bisnis yang sukses. Inilah yang harus anda lakukan :
1. Muncullah setiap hari. Orang yang bertanggung jawab muncul setiap kali diharapkan, tetapi orang yang sangat berkompeten melangkah lebih jauh. Mereka siap berperan setiap hari, bagaimanapun perasaan mereka, keadaan yang harus mereka hadapi, atau sesulit apa pun peran yang harus dimainkan.
2. Tetaplah Meningkatkan Diri. Orang yang berkompeten terus berusaha meningkatkan diri. Mereka selalu bertanya mengapa. Orang yang tahu cara melakukan sesuatu selalu mendapat pekerjaan, tetapi orang yang tahu mengapa harus dikerjakan seperti itu selalu menjadi pemimpin.
3. Lanjutkan Pekerjaan Sampai Tuntas dengan Keunggulan. Saya belum pernah bertemu seorang yang berkompeten yang tidak bekerja tuntas. Kita mengharapkan anak buah kita bekerja sama sampai tuntas jika kita memerintahkan sesuatu. Mereka mengharapkan itu dari kita sebagai pemimpin, dan masih banyak hal lagi.
4. Capailah Hasil Lebih dari yang Diharapkan. Orang yang berkompeten selalu bekerja lebih keras. Pemimpin tidak boleh sekadar menyelesaikan pekerjaan hari itu. Mereka harus melakukannya ditambah beberapa pekerjaan lain.
5. Berikan Inspirasi pada Orang Lain. Pemimpin yang berkompeten berbuat lebih dari sekadar melakukan pekerjaan dengan sangat berhasil. Mereka menginspirasi orang lain untuk melakukan hal sama. Pemimpin yang efektif menggabungkan keterampilan ini dengan kompetensi tinggi untuk membawa organisasi mereka ke tingkat unggulan dan pengaruh yang baru.

Source  :   The 21 Indispensable Qualities of Leader