Home » BUKU

BUKU

I. 10 Jurus Sukses beragribisnis Jamur

Sinopsis

Permintaan jamur konsumsi terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Banyaknya konsumen menjadikan budidaya jamur sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Terlebih lagi, produksi jamur masih belum mampu memenuhi seluruh kebutuhan pasar dalam negeri. Hal ini disebabkan oleh masih rendahnya pengetahuan berbudidaya jamur yang baik dan benar sehingga produksi jamur belum optimal.

Buku ini hadir sebagai solusi untuk mengatasi berbagai masalah dalam berbisnis jamur. Khususnya untuk jenis jamur tiram, jamur merang, jamur kancing, jamur shiitake, jamur kuping, dan jamur lingzhi. Buku ini dirangkai berdasarkan pengalaman penulis selama menekuni bisnis “perjamuran” di Indonesia. Berbagai jurus dan tips yang ada dalam buku ini akan memandu Anda untuk menjadi pengusaha jamur sukses.Selengkapnya

Daftar Isi  :

Jurus 1. Kenali dan Pahami peluang Usaha Jamur

Jurus 2. Bidik Jenis Jamur Yang Akan Dibudidayakan

Jurus 3. Siapkan Segala Kebutuhan Jamur

Jurus 4. Kuasai Tahap Pembibitan Jamur

Jurus 5. Pilih Media dan Formula yang Tepat

Jurus 6. Lakukan Budidaya Dengan Tahapan yang Benar

Jurus 7. Rawat Jamur Agar Terhindar dari Hama dan Penyakit

Jurus 8. Kuasai Teknik Pascapanen Jamur

Jurus 9. Kenali Beragam Olahan Jamur

Jurus 10. Pahami Strategi Memasarkan Jamur

Penerbit :
Penebar Swadaya
Informasi Dunia Pertanian

Penulis :
Rial Aditya
Desi Saraswati

Tersedia di toko-toko buku Gramedia, Rumah Buku Bandung, Togamas, dan toko buku ternama lainnya

Jumlah halaman : 124

Harga : Rp. 32.000

Harga + Ongkos Kirim sampai alamat tujuan :

Jawa+Madura : Rp. 45.000

Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, NTB, NTT, Maluku : Rp. 50.000

Papua : Rp. 55.000

II. Jamur, Info Lengkap dan Kiat Sukses Agribisnis

buku JAMUR.rial aditya.jamur bandung

Harga aslinya Rp. 85.000, di beberapa toko buku biasanya ada potongan harga hingga 20%.

Penyusun              : Tim Penulis Agriflo

Penulis Artikel    : Rial Aditya S.Si ; Dr. Ir. E. Gumbira Sa’id, Madev ; Dr. Ir. Achmad, MS

Narasumber         : Rial Aditya  dan Setia Hadi Purwono

Pembaca Ahli      : Dr. Ir. Achmad. MS

cetakan 1 jakarta 2012

 
JAMUR
 

Ada jamur yang aman dikonsumsi, tetapi ada pula yang beracun. Bahkan, ada jamur yang memancarkan cahaya dari tubuhnya. Masih banyak fakta lain di balik ukurannya yang mungil.

Jamur sebagai bahan pangan dan herbal tak terbantahkan lagi. Inilah yang membuat jamur semakin banyak dikonsumsi masyarakat. Tidak mengherankan jika semakin banyak yang mengusahakannya. Tidak hanya bisnis budi daya, kulinernya pun terus berkembang. Ingin tahu jenis jamur yang sedang populer di masyarakat? Apa saja potensi bisnis dan info penting lainnya terkait dengan jamur?  Buku ini membahas segala hal mengenai jamur; terutama jamur tiram, merang, kuping, kancing, shiitake, dan ling zhi. Dilengkapi pula info kuliner dan fakta unik seputar dunia jamur. Bahkan, buku ini berbagi opini dari pakar dan kisah sukses praktisi jamur yang menginspirasi.

Agroindustri jamur semakin berkembang serta mampu menghasilkan berbagai produk olahan yang semakin digemari baik di pasar lokal maupun di pasar global.”Prof. Dr. Ir. E. Gumbira Sa’id, MADev, Guru Besar Departemen Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian IPB, Senior Advisor Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis, SPS-IPB


Nggak gagal, nggak asik. Gagal dan sukses itu sudah sepaket”, kalimat itulah yang menjadi penyemangat usahanya untuk terus belajar di dunia jamur.”Rial Aditya, Anggota Ganesha Entrepreneur Club (GEC), Pemilik CV. Ganesha Mycosoft dan praktisi jamur di Cimahi, Jawa Barat.

Mengenali target pasar, tidak berputus asa, dan menjadikan kegagalan sebagai batu loncatan agar terus berusaha lagi merupakan kiat suksesnya untuk para petani pemula.
Setia Hadi Purnomo, petani jamur merang di Depok, Jawa Barat

III.Buku Bertani Padi Organik Pola Tanam SRI

Telah terbit buku pertanian terbaru yang mengupas secara lengkap mengenai teknik bertani SRI Organik…Buku wajib bagi para petani, praktisi, akademisi, maupun khalayak umum yang memiliki minat dan perhatian terhadap pertanian Indonesia

Ukuran            : 13cm X 19cm

Tebal              : 253 halaman

Harga             : Rp. 42.000

Harga + Ongkos Kirim sampai alamat tujuan :

Jawa+Madura : Rp. 50.000

Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, NTB, NTT, Maluku : Rp. 55.000

Papua : Rp. 60.000

“Banyak cara untuk meningkatkan produktivitas padi, wuuueeet……… naik begitu, tapi ternyata intervensi pupuk kimia yang berlebihan. Akibatnya peningkatan produktivitas makin banyak panennya tapi lingkungannya jebol. Tahun ini masih aman, tahun depan rusak, tahun depannya lagi lebih rusak lagi. Nah, SRI ini menurut saya dua-duanya terpenuhi, karena kita ingin produksinya naik, lingkungannya aman”

“Sekali lagi mengapa saya dukung SRI dan mari kita kembangkan seluas-luasnya karena produktivitas naik tanpa merusak lingkungan, itu kuncinya”.

Pidato Presiden RI, Dr. Susilo Bambang Yudhoyono pada panen padi SRI tanggal 30 Juli 2007 di Desa Bobojong Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur Jawa Barat

“Hebat neng, dulu biasanya satu hektare hasil panen Cuma 5,5 ton, sekarang bisa sampai 8,5 ton,” kata Endang Rahmat, pemilik sawah sekaligus Kepala Desa Cijambe. Naiknya produktivitas padi di sawah Rahmat kali itu disebabkan sistem penanaman padi secara organik yang diterapkan sejak empat bulan yang lalu. “Tidak hanya itu, bobot bulir gabah organik juga lebih tinggi. Biasanya satu karung penuh gabah beratnya 50 kg, yang ini baru 3/4 karung beratnya sudah 50 kg,” ujar Mang Ara (58), seorang petani yang membantu panen. Sistem bertanam padi secara organik yang diterapkan di Desa Cijambe itu adalah SRI (system of rice intensification)………….

Harian Umum Pikiran Rakyat 18 Agustus 2008

Petani di Desa Gentasari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, memanen padi organik, Minggu (14/12). Satu hektar menghasilkan 7 ton gabah, lebih besar daripada panenan anorganik 5 ton/hektar.

Harian Umum Kompas 15 Desember 2008

Padi merupakan tanaman pangan paling penting dan utama di Indonesia bahkan benua asia. Namun pada kenyataannya budidaya tanaman padi semakin lama semakin tidak diminati oleh para petani Indonesia karena berbagai macam sebab dan yang paling utama adalah karena minimnya penghasilan yang bisa diterima oleh petani dari bercocok tanam padi. Untuk mencoba meningkatkan penghasilan melalui peningkatan produktivitas, para petani menempuh berbagai macam cara dan yang paling umum dilakukan adalah dengan meningkatkan pemakaian input-input pertanian seperti memperbanyak pemakaian benih, pupuk dan obat-obatan/pestisida kimia sintetis.  Upaya peningkatan pemakaian input-input pertanian ini pada awalnya memberikan peningkatan produktivitas tetapi untuk beberapa waktu kemudian produktivitasnya kembali menurun bahkan diperparah dengan semakin banyak dan kompleksnya masalah hama/penyakit pada tanaman padi. Tanpa disadari oleh para petani, peningkatan penggunaan pupuk dan pestisida kimia sintetis ini memiliki andil besar juga terhadap kerusakan lingkungan dan kesehatan manusia baik para petaninya sendiri maupun masyarakat yang mengkonsumsi hasil pertaniannya.

Semakin tidak prospektifnya budidaya padi menyebabkan semakin sedikitnya Sumber Daya Manusia yang tersedia dibidang pertanian padi dan bisa menimbulkan kekhawatiran bahwa suatu saat akan terjadi kerawanan pangan atau sektor pangan utama ini akan dikuasai oleh kaum kapitalis maupun pemodal asing. Untuk itu perlu segera dilakukan perbaikan maupun perubahan agar budidaya tanaman padi tidak ditinggalkan oleh para petani tetapi malahan dapat memberikan kesejahteraan kepada para petani, dan sistem pertanian organik dengan pola tanam SRI (system of rice intensification) memberikan harapan yang besar untuk tercapainya hal tersebut.

Buku pertanian yang disusun oleh lulusan Teknik Fisika Institut Teknologi Bandung (ITB) ini ini diterbitkan dengan maksud memberikan gambaran sebagai bentuk sosialisasi mengenai pertanian padi organik pola tanam SRI untuk menggugah kesadaran masyarakat Indonesia khususnya masyarakat agribisnis agar kembali memberikan perhatian terhadap pertanian tanaman padi dengan diantaranya menguraikan hal-hal berikut ini :

·  Permasalahan umum pertanian padi di Indonesia dan beberapa cara perbaikannya

·  Pengenalan terhadap tanaman padi beserta hama/penyakitnya

·  Pemahaman mengenai eksosistem sawah

·  Pemahaman mengenai sistem pertanian organik dan panduan pelaksanaannya dalam hal cara-cara pengendalian hama/penyakit, kemudian mengenai pemberian unsur hara dengan menginformasikan cara-cara pembuatan kompos dan pupuk organik cair, serta hal-hal lainnya

·  Pemaparan pola tanam SRI dan panduan mengenai cara-cara melaksanakannya di lapangan

·  Kajian singkat mengenai penghasilan dari budidaya padi organik pola tanam SRI

Untuk pemesanan :

1. Untuk pemesanan dan Pemesanan lebih dari 2 buku ada kemungkinan pengurangan harga yang berasal dari biaya kirim, infokan jumlah dan alamatnya via e-mail // organikganesha@yahoo.com  atau via sms ke no. 0818-0828-1560 untuk mendapatkan ketentuan harganya.

2. Konfirmasikan pembayaran anda (jumlah buku, jumlah dana yang ditransfer dan Nama + alamat pengiriman melalui alamat e-mail atau sms di atas).

3. Buku akan dikirimkan ke alamat yang disebutkan melalui Pos Kilat Khusus, bila dalam waktu 7 hari buku belum diterima harap di informasikan kepada kami.


3 Comments

  1. nabilla says:

    saya ingiin bljar bnyak tntang jmur tiram putihh ini..
    bagaimna cranya? add yg bsa sya hubungii

  2. AInur Rofiq says:

    Dear,
    Mohon Informasi Bagaimana cara pemesanan BERTANI PADI ORGANIK POLA TANAM SRI

    Terimakasih.

    Ainur Rofiq
    Jl. Antogan No. 17 Gurit 02/02 Pengatigan-Rogojampi
    Banyuwangi-Jatim
    081615688068

  3. Pam says:

    I am looking for young enterpreneurs to start a “green and fair” shop in Bogor Barat. Any one interested in developing an idea for such a shop is welcome to react and send me an email. Pam

Tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 468 other followers

%d bloggers like this: