PANDUAN UNTUK PEMULA

Jenis Jenis Hama dan Penyakit pada Jamur Serta Metode Pencegahannya (bagian 1)


Jenis Jenis Hama dan Penyakit pada Jamur Serta Metode Pencegahannya (bagian 1)

penyebab kontaminasi pada baglog jamur.kegagalan produksi baglog jamur.cara merawat jamurJenis jenis hama dan penyakit pada jamur. Penyakit dan hama sering timbul karena kurangnya ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan penanganan produksi, salah satunya proses pemeliharaan. Hal tersebut menimbulkan pekerjaan baru karena penyakit dan hama yang menyerang harus segera ditangani. Bagi sebagian orang, cara yang paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan fungisida, insektisida dan bahan kimia lainnya. Namun, penggunaan bahan-bahan kimia ternyata menimbulkan permasalahan baru, tanaman dalam hal ini jamur yang dibudidayakan menjadi tercemar bahan kimia dan tidak sehat untuk dikonsumsi. Cara yang paling tepat untuk mengatasi penyakit dan hama adalah dengan metode pencegahan, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Sebelum memahami hal-hal apa saja yang diperlukan dalam pencegahan, terlebih dahulu diperlukan pengetahuan mengenai bagaimana penyakit dan hama dapat menyebar. Ada 5 cara/media utama yang dapat menyebabkan timbulnya hama dan penyakit :

1. Udara

2. Air

3. Tanah

4. Manusia

5. Bibit

penyebab kontaminasi pada media baglog jamur disebabkan trichodermaHama dan penyakit seperti spora jamur pengkontaminasi terutama trichoderma, bakteri pengganggu, ataupun virus dapat menyebar dengan mudah melalui aliran udara. Bahkan hama serangga dapat menyebar dengan cara terbang melawan aliran udara. Demikian pula dengan air, tanah, manusia, dan bibit dapat membawa sumber penyakit yang sama seperti udara.

Pengetahuan mengenai sumber timbulnya hama dan penyakit merupakan bagian penting dalam proses pencegahan. Oleh karena itu, kunci pencegahan timbulnya berbagai macam penyakit dan hama adalah dengan menjaga kebersihan dan sanitasi.

Ada 5 poin yang harus diperhatikan dalam menjaga kebersihan:

1. Kelancaran sirkulasi udara

2. Kebersihan air

3. Pasteurisasi yang sempurna dan steril

4. Kebersihan pekerja

5. Kebersihan lingkungan baik di dalam maupun di sekitar kumbung

 

berlanjut ke bagian 2

 

Rial Aditya /RumaJamuR

Tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s