jamur lingzhi

BUDIDAYA JAMUR LINGZHI / REISHI / GANODERMA LUCIDUM BAGIAN 2


Habitat Hidup Jamur Ling Zhi

 

a) Lokasi

Di alam,  jamur ling zhi merupakan parasit pada kelapa sawit. Oleh karena itu secara umum habitat/lokasi  yang cocok untuk pertumbuhan kelapa sawit akan cocok untuk pertumbuhan jamur ling zhi.

Ling zhi dapat dibudidayakan di dataran rendah sampai ketinggian 600 m di atas permukaan laut. Di atas ketinggian 600 m Ling Zhi masih dapat tumbuh dengan baik hanya saja umur panennya  menjadi lebih lama  sedangkan di dataran rendah pertumbuhan jamur Ling zhi  akan lebih cepat dan produksinya lebih banyak.

b) Suhu dan kelembaban

Suhu optimal untuk pertumbuhan Ling zhi yaitu 24 – 30°C dan kelembaban 80 – 90%.

c)      Media tanam

Media tumbuh  jamur ling zhi seperti halnya jamur kayu lainnya yaitu bahan yang mengandung selulosa dan lignin. Salah satu media yang umum digunakan yaitu  limbah serbuk gergajian. Serbuk kayu albasiah merupakan jenis serbuk yang banyak digunakan untuk media tumbuh jamur karena sifatnya yang lunak dan mudah lapuk. Serbuk gergaji yang digunakan harus dalam keadaan bersih dan tidak mengandung getah. Selain itu sebaiknya serbuk disaring/diayak terlebih dahulu agar pertumbuhan miselium merata.

Selain serbuk gergaji, perlu juga ditambahkan bahan-bahan lainnya agar nutrisi dalam media tanam mencukupi untuk menghasilkan pertumbuhan jamur yang baik dan optimal. Bahan bahan yang dapat ditambahkan diantaranya dedak, biji-bijian seperti jagung, millet, ataupun beras, air kelapa untuk menggantikan pupuk kimia, serta kapur untuk menjaga pH media tetap netral.

Rial Aditya & Winda Agustiani

from various sources

8 thoughts on “BUDIDAYA JAMUR LINGZHI / REISHI / GANODERMA LUCIDUM BAGIAN 2”

    1. maap pak boleh minta no.hp saja atau alamatnya? saya jg djogja, pgn nyoba budidaya lingzhi drumah (purworejo). tolong sms saya 085878298043. sigit
      trm ksh

      Like

  1. sy tertarik budidaya ling zhie dimana sy bisa mendapatkan bibitnya setelah panen gimana cara pemasaranya dan brp harga perkilonya,,,mohon di jwb ya …../

    Like

Tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s