FUNGI FACT AND NEWS

Dahsyatnya Ling Zhi (bagian II)


ganoderma lucidum.nanjing china

Berikut beberapa manfaat dan khasiat ling zhi bagi kesehatan manusia.

a) Sebagai antioksidan yang kuat
Fungsi utama dari ling zhi sebenarnya adalah sebagai antioksidan. Ling zhi merupakan antioksidan dan terbukti sangat kuat. Apakah antioksidan penting bagi kesehatan? Jawabannya adalah iya. Tubuh manusia selalu mendapat ancaman baik eksternal maupun internal. Ancaman eksternal dating dari berbagai radikal bebas (senyawa/ion yang dapat mempengaruhi pertumbuhan sel), sinar ultraviolet, mikroorganisme penyebab penyakit, dan sebagainya. Sedangkan ancaman internal kebanyakan muncul dari makanan yang kita makan.
Peran antioksidan adalah menjaga tubuh hingga pada taraf seluler dari ancaman-ancaman tersebut. Tanpa adanya antioksidan, tubuh manusia rentan sakit. Penyakit-penyakit infeksi akan mudah menyerang tubuh. Selain itu, penyakit-penyakit berat seperti tumor dan kanker juga dapat menyerang. Kedua penyakit ini bukan disebabkan oleh bakteri, virus, maupun jamur, melainkan oleh petumbuhan sel di luar kewajaran. Penyebab utamanya adalah radikal bebas.
Organ-organ dalam seperti jantung, ginjal, paru-paru, lambung, dan terutama hati, sangat membutuhkan antioksidan. Sel-sel limfosit di dalam hati akan berkurang drastic jika tubuh terkena infeksi. Karena itu, antioksidan diperlukan, yaitu untuk mengurangi kehilangan sel limfosit dan bahkan meningkatkan jumlahnya. Ling zhi banyak diteliti dan terbukti secara klinis mampu meningkatkan sel-sel limfosit. Peran dari senyawa antioksidan di dalam ling zhi terbukti secara efektif.

b) Mencegah dan mengatasi penyakit tumor
Tumor adalah pertumbuhan sel-sel pada satu bagian tubuh yang terlalu cepat dibandingkan pada bagian tubuh yang lain. Tanda-tanda paling jelas dari tumor adalah munculnya benjolan tidak wajar. Meskipun demikian, beberapa tumor tidak menunjukkan tanda-tanda tersebut, yang sering disebut tumor jinak.
Sel-sel tumor timbul karena adanya rangsangan radikal bebas yang menyebabkan pertumbuhannya di luar kewajaran. Untuk mencegah pengaruh radikal bebas, dibutuhkan antioksidan yang kuat, dan salah satunya terdapat di dalam ling zhi. Selain itu, ling zhi juga mengandung senyawa-senyawa yang dapat meredam pertumbuhan sel tumor dan menggantinya dengan sel-sel baru yang sehat.

c) Mencegah dan mengatasi penyakit kanker
Kanker merupakan penyakit yang serupa dengan tumor. Bahkan munculnya penyakit kanker dapat dimulai dengan kemunculan tumor lebih dahulu. Kanker juga disebabkan adanya radikal bebas yang menyebabkan pertumbuhan sel berbeda dengan sel-sel lain yang sehat. Sel-sel kanker dapat menularkan “penyakit”-nya pada sel-sel yang sehat.
Sel-sel kanker biasanya terbentuk karena kekeliruan di dalam pembentukan DNA. Dalam hal ini tubuh menggunakan senyawa yang keliru. Misalnya, senyawa yang seharusnya menggunakan glutamin, dapat keliru dengan mono sodium glutamate (MSG) atau yang lebih dikenal sebagai vetsin. Akibat kekeliruan ini, akan terbentuk sel yang berbeda yang disebut sel kanker. Sel kanker juga dapat terbentuk karena radikal bebas maupun sinar UV.
Pada dasarnya, sel-sel kanker terbentuk pada hampir semua manusia. Namun, ada yang terbentuk hanya sedikit dan tidak berbahaya, sebaliknya ada yang terbentuk cukup banyak dan berbahaya. Di sinilah peran ling zhi, yaitu sebagai inhibitor pertumbuhan sel kanker. Jika sel kanker itu tidak menyebar atau bertambah, maka sel-sel ini akan hilang dengan sendirinya. Seperti halnya sel-sel yang lain, sel kanker juga memiliki batas waktu hidup sampai akhirnya mati dengan sendirinya.

d) Meningkatkan fungsi organ dalam
Organ-organ dalam seperti hati, jantung, lambung, ginjal, dan usus, rentan mengalami gangguan, baik gangguan yang berasal dari mikroorganisme maupun luka mekanis. Ling zhi memiliki banyak kandungan senyawa yang dapat mencegah munculnya gangguan-gangguan di dalam organ-organ penting tersebut.
Ling zhi juga dapat meningkatkan kerja organ dalam. Hati yang berfungsi sebagai penawar racun tubuh, ditingkatkan kerjanya oleh ling zhi dengan menambah jumlah senyawa anti racun. Jantung yang kerjanya sering terganggu akibat adanya kolesterol, terbantu dengan ahncurnya kolesterololeh senyawa ling zhi. Ling zhi juga membantu meningkatkan kinerja organ cerna seperti lambung dan usus, berkat kandungan serat di dalamnya. Sedangkan untuk ginjal, ling zhi berperan sebagai elizir atau peluruh kencing.

e) Mencegah diabetes mellitus
Diabetes mellitus merupakan penyakit yang diakibatkan oleh tubuh yang tidak dapat mengendapkan zat gula karena kekurangan hormone insulin. Akibatnya, gula tetap berada di dalam darah dan tentu saja akan mengganggu proses fisiologis di dalam tubuh. Ling zhi terbukti dapat mengurangi gejala diabetes mellitus, di mana uka penderita penyakit ini yang biasanya tidak dapat kering tiba-tiba mongering setelah si penderita mengonsumsi ling zhi. Senyawa-senyawa di dalam ling zhi banyak yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kerja tubuh dalam menghasilkan insulin. Selain itu, jamur ling zhi juga mengandung senyawa yang bersifat antibiotic sehingga luka dapat cepat sembuh.

f) Meningkatkan vitalitas, semangat dan konsentrasi
Hampir semua jenis ling zhi dapat meningkatkan vitalitas dan konsentrasi karena kandungan protein, polisakarida, dan mineralnya. Sedangkan jenis ling zhi yang disebut dapat menenangkan jiwa adalah ling zhi putih dan kuning.

g) Potensi-potensi ling zhi yang lain
Selain beberapa manfaat terhadap kesehatan di atas, ling zhi juga dapat menyembuhkan penyakit lain, seperti asma, flu, batuk hingga lemah syahwat. Ini tergantung dari jenis ling zhi yang digunakan serta kombinasinya dengan bahan herbal yang lain. Kebanyakan ahli obat herbal meramu ling zhi dengan obat herbal yang lain untuk meningkatkan keampuhannya.

Winda Agustiani/Ganesha Mycosoft
source : Ling Zhi, langkah Tepat Usaha Jamur Berkhasiat Obat. Warisno & Kres Dahana.Gramedia Pustaka Utama

1 thought on “Dahsyatnya Ling Zhi (bagian II)”

Tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s