PERTANIAN

Kebun Mini di Samping Rumah (cerita saat 2003 hingga kini)


Assalamu’alaikum Wr.Wb.,

Lama tak menyapa rekan-rekan lewat blog ini, rasanya rindu juga untuk mengucap salam  sekaligus mengolahragakan jari-jemari.  sejak lebih dari 8 bulan ke belakang (mei 2012) memang sedang seru-serunya mendampingi istri yang sedang hamil tua hingga sekarang sudah ada dede bayi berusia 6 bulan. alhamdulillah Ibu dan  bayinya sehat ( 3,9 kg saat lahir, normal pula lahirannya, tanpa harus cesar. mantaaaf. Subhanallah).

Muhammad Altan Zain
Muhammad Altan Zain

Cerita punya cerita, dulu kala, waktu pindah rumah dari Bandung ke Cimahi sekitar pertengahan tahun 2002 ternyata memberi banyak hikmah bagi saya dan keluarga. Banyak hal yang bertambah. Selain rezeki yang bertambah, ukuran rumah yang bertambah, jarak dari rumah ke tempat kuliah pun ternyata bertambah,  khikhikhik. Secara dari rumah Cimahi ke kampus ITB ternyata butuh waktu setidaknya 1.5 jam perjalanan menggunakan angkot. maklum anak kota, kemana mana selalu diantar jemput  supir (supir angkot).

perjalanan pulang biasanya lebih “cepat” yaitu sekitar 2 jam, brrrr. FYI, sore hari biasa terjadi migrasi besar-besaran dari arah Bandung ke Cimahi, pada pulang kantor.

Seiring padatnya jadwal perkuliahan yang  dengan segala macam tugas-tugasnya yang “mengasyikkan”, ada satu hobi di rumah yang sulit untuk ditolak. Berkebun. Kebun kecil di samping rumah memang menjadi laboratorium mini untuk mencoba berbagai hal sekaligus merefresh jiwa dan fikiran yang tersibukkan berbagai urusan dunia, ciaaahh.  Mulai dari nanem  sayur sayuran, buah buahan, hingga pelihara berbagai jenis ayam yang ramai nian, menghangatkan suasana kampung hehe (proyek pelihara ayam akhirnya terhenti 2 tahun kemudian karna khawatir mengganggu kesehatan orang-orang sekitaran, lagi banyak flu burung sama flu orang juga)

share foto foto di kebun :

tabulampot tanam buah dalam pot. teknik budidaya buah strawberry

coba nanem strowberry, jadi juga walau suhu lingkungan kurang mendukung

 

sayuran 1

sayuran 2

tanaman.buah jeruk.jeruk baby

tanaman.terung

tanaman.sayuran 3

tanaman.jeruk sambal

kebun.sayuran.winda agustiani

tanaman.sayuran.kangkung

petik kangkung

rial aditya

tanaman.waluh

tanaman strawberry.mulai berbuah

buah mangga

sayuran4. kol ungu

hingga saat ini kegiatan berkebun Alhamdulillah masih dijalankan, tapi kalau harus jujur, hihihi, yang paling rajin berkebun sebetulnya kakek tercinta. saya sendiri, lebih banyak sebagai penikmat, alias makanin hasil berkebunnya kakek. mudah-mudahan urusan urusan dunia tidak membuat saya lupa untuk senantiasa mentafakuri hidup ini, menyelami makna hidup, mengejar dunia untuk bekal akhirat. Bismillah.

 

dari kebun kecilku

terimakasih untuk kakekku tersayang. mudah mudahan sehat selalu. Amiin.

terimakasih untuk nenekku tercinta yang sudah berpulang ke Rahmatullah, terimakasih untuk cintamu yang tak terhingga.

SEMPURNA
SEMPURNA

 

Rial Aditya

 

 

 

 

Tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s