jamur kancing, jamur kuping, jamur lingzhi, jamur merang, jamur shiitake, jamur tiram

Pengaruh Petir Terhadap Pertumbuhan Jamur (bagian 1)


Salam hangat Sahabat-sahabat

Ada  cerita-cerita menarik saat saya dan tim memberikan pelatihan dan pendampingan pertanian organik termasuk budidaya jamur di daerah-daerah. Salah satunya, entah mitos atau hanya kebetulan saja atau memang benar adanya, beberapa rekan dari daerah pernah mengatakan bahwa lahan yang terkena halilintar/petir, di sekitarnya sering ditumbuhi banyak jamur. Berbeda dengan lahan-lahan lainnya, di sekitar lahan yang terkena halilintar tersebut pertumbuhan jamur alamnya lebih subur.

Saya pribadi belum terlalu ‘ngeh’ dengan cerita ini. Baru sekedar mengira ngira saja. Mungkin sengatan listriknya berfungsi sebagai shock therapy yang mampu mempercepat pertumbuhan jamur alam. Mekanisme dan prinsipnya  seperti apa saya belum begitu faham.

Mungkin mirip-mirip dengan kebiasaan saya yang suka memberikan shock therapy dingin jika udara di kebun jamur Cisarua Bandung tempat saya budidaya sedang panas atau budidaya jamurnya di lakukan di daerah panas seperti Cirebon atau daerah dataran rendah lainnya. Biasanya di dalam kumbung jamur  sering saya beri es balok yang disimpan di ember untuk mendinginkan ruangan. Keesokan harinya,  jamur yang awalnya lambat tumbuh, terpicu pertumbuhannya karena ada kejutan dingin.

Karena penasaran, saya coba mencari-cari lagi referensinya dan hasilnya menarik. Ternyata di negara negara lain juga ada mitos serupa (Bisa rekan rekan lihat di youtube video berjudul BEGIN Japanology Mushroom).

Shoji Oga, Profesor di salah satu Universitas Agrikultur  di Fukuoka Jepang, yang sama sama penasarannya dengan saya :), bersama mahasiswanya, beliau melakukan penelitian pengaruh petir terhadap pertumbuhan jamur dengan menggunakan alat  “Artificial Lightning Strike”  untuk menghasilkan petir buatan.

media jamur perlakuan listrik. Ganesha Mycosoft

IMG_7691

Bagaimana hasilnya? Sangat- sangat menarik. media yang dikenai petir buatan tersebut menghasilkan pertumbuhan jamur yang lebih pesat dan lebih besar dibandingkan media kontrol (tanpa perlakuan petir).

jamur perlakuan listrik. ganesha mycosoft

jamur lebih besar. ganesha mycosoft

Sampai disini saya mulai  kebingungan…

Bingung bagaimana menerapkan metode ini. bagaimana cara membuat alatnya! Sekalipun bisa, bagaimana mengaplikasikannya?! Satu persatu baglognya dikejutkan? Aish…

oke,  jangan menyerah..there should be another way.

Hmm,  ternyata dari analisis lanjutan pada media log tersebut ditemukan adanya peningkatan jumlah enzim yang disebut Laccase (Lakase) pada media yang diberi kejutan listrik.

Dari kajian kajian di jurnal lainnya, Enzim ini memang berpengaruh besar terhadap pertumbuhan tubuh buah jamur. Semakin banyak enzim lakase semakin cepat dan optimal pertumbuhan jamurnya.

Sampai disini saya menemukan jawaban awalnya. Logika sederhananya,  tanpa petir pun  pertumbuhan jamur akan semakin pesat apabila enzim lakase ini jumlahnya banyak pada media jamur. Secara alami memang enzim ini diproduksi oleh jamur, tapi bagaimana caranya supaya jumlahnya meningkat tanpa bantuan petir. Apa harus menambahkan enzim secara manual dengan disemprot/disuntik dll?

Bingung  kedua.  Berfikir lagi bagaimana cara mendapatkan enzim lakase ini? Terjangkaukah harganya? dan  bagaimana cara pakainya?

🙂 kita lanjutkan kisahnya di part kedua  ya…

 

Rial Aditya

 

GROW YOUR OWN MUSHROOM

 

– ganesha mycosoft -, agribisnis, agribisnis jamur, agrobisnis, analisis usaha jamur, baglog jamur, bandung, bertanam jamur, bisnis jamur, budidaya jamur, budidaya jamur tiram bagi pemula, budidaya jamur tiram di rumah, cara budidaya jamur kancing, cara budidaya jamur tiram di rumah, cara budidaya jamur tiram untuk pemula, cara membuat bibit jamur tiram, cimahi, cisarua bandung, enzim, enzim lakase, gambar jamur, growbox jamur tiram, halilintar, jamur, jamur kuping, jamur shiitake, jamur tiram, jenis jenis jamur, jepang, kewirausahaan, kumbung, kumbung jamur, laccase, makanan, manfaat jamur, organik, panen jamur, pangan, peluang usaha 2017, pertumbuhan jamur, petir, produktifitas, rial aditya, rumah jamur, rumajamur, sehat, usaha rumahan, workshop, workshop jamur

Tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s