FUNGI FACT AND NEWS

JAMUR DENGAN 5 MANFAAT LUAR BIASA BAGI KESEHATAN TUBUH ANDA


Jenis dan rasa yang beragam serta khasiatnya yang luar biasa telah menjadikan jamur sebagai  makanan sekaligus obat istimewa selama ribuan tahun. Bahkan pada zaman dahulu jamur merupakan makanan khusus para raja dan bangsawan karena jumlahnya yang terbatas dan hanya bisa ditemui pada waktu-waktu tertentu saja di dalam hutan. Kini jamur sudah semakin populer seiring banyaknya pembudidaya, bervariasinya olahan kuliner jamur, serta melimpahnya informasi kesehatan yang di publish oleh para peneliti.

Berikut adalah beberapa manfaat luar biasa bagi kesehatan sahabat-sahabat apabila mengkonsumsi jamur secara rutin :

  1. Sumber Vitamin D

jamur dan vitamin DRajin mengkonsumsi jamur apapun jenisnya baik itu jamur tiram, jamur kancing, shiitake, kuping, dan jamur jamur lain yang umum dibudidayakan dapat membantu Sahabat sahabat dalam memperkuat tulang dan sendi sekaligus mencegah terjadinya berbagai gangguan pada tulang dan sendi seperti osteoporosis atau arthritis. Hal ini dikarenakan jamur dapat memproduksi vitamin D sama seperti tubuh manusia. Jamur akan aktif memproduksi vitamin D ini pada saat jamur terpapar sinar matahari. Adapun fungsi dan manfaat vitamin D di dalam tubuh yaitu mampu meningkatkan absorbsi kalsium di dalam pencernaan yang kemudian akan disebarkan ke seluruh tubuh yang membutuhkan terutama tulang dan sendi.

2.  Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu hasil Study yang diterbitkan oleh American Society for Nutrition memaparkan bahwa  jamur memiliki kemampuan untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Jamur dapat merangsang kinerja imunitas tubuh Anda dengan cara meningkatkan produksi antivirus dan protein lain yang dilepaskan oleh sel saat mereka melindungi dan memperbaiki jaringan tubuh. Kedua zat ini  berfungsi sebagai pelindung sel tubuh kita dari penyakit sekaligus berfungsi untuk memperbaiki jaringan sel tubuh yang rusak. Penelitian lanjutan menunjukkan bahwa jamur ini dapat mempercepat pematangan sel sistem kekebalan tubuh yang disebut sel dendrit yang terdapat di dalam sumsum tulang. Hal ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sebagai sistem pertahanan yang lebih baik melawan serangan mikroba.

  1. Sumber Antioksidan

jamur sumber antioksidan Mendengar kata antioksidan terutama antioksidan alami biasanya ingatan kita langsung terhubung dengan ragam buah  dan sayuran yang berwarna-warni.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa ternyata jamur yang umumnya berwarna putih atau kecoklatan pun memiliki kemampuan yang sama sebagai antioksidan. Penelitian yang dilakukan di universitas Penn State diantaranya, menunjukkan bahwa ORAC – Oxygen radical Absorbance capacity atau kapasitas penyerapan oksigen radikal, sebuah pengukuran total antioksidan makanan menunjukkan bahwa jamur Crimini dan portabella memiliki kemampuan antioksidasi hampir sama dengan paprika merah.

Salah satu zat antioksidan yang dimiliki jamur yaitu Selenium. Selenium merupakan  zat antioksidan yang mampu melindungi sel tubuh kita dari gangguan seperti bakteri atau virus sehingga tubuh dapat terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Selain untuk menghindari penyakit, antioksidan pada jamur dapat membuat awet muda karena kemampuannya untuk mengeluarkan racun atau radikal bebas yang berbahaya dari dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Metabolisme tubuh

Vitamin B sangat penting dalam proses mengolah makanan (karbohidrat) menjadi bahan bakar (glukosa) yang digunakan tubuh untuk menghasilkan energi. Vitamin B juga membantu memetabolisme lemak dan protein. Jamur mengandung banyak vitamin B2 (riboflavin) dan vitamin B3 (niasin). 100 gram jamur Crimini mengandung vitamin B2 dan B3 masing-masing sebanyak 44% dan 30% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan untuk tubuh kita. Jamur kancing putih mengandung 36% dan 30%, serta jamur tiram mengandung 32% dan 39%.

jamur untuk dietDengan kemampuan jamur untuk meningkatkan metabolisme tubuh ini pastinya menjadi kabar gembira terutama bagi Sahabat-sahabat yang ingin mengontrol berat badan alias melakukan diet yang tentu saja harus sehat.  Tingginya kandungan nutrisi dalam jamur bahkan mengungguli sebagian besar buah dan sayuran, dan beberapa peneliti mengatakan bahwa jamur adalah salah satu makanan super yang bisa dimakan sesering mungkin dan tanpa efek samping.

  1. Melawan Kanker

Jamur merupakan makanan alami yang mampu melawan kanker. Dengan teratur mengkonsumsi jamur maka resiko terkena kanker seperti kanker payudara dapat dihambat. Hal ini dikarenakan  jamur memiliki kandungan beta-glukan yang bersifat anti kanker dan anti virus. Selain untuk melawan kanker, berkat kandungan beta-glukan ini, jamur dapat dimanfaatkan sebagai penangkal virus HIV, anti diabetes, dan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Beta Glukan bekerja dengan cara merangsang macrophage, yaitu sel darah putih yang berguna untuk melindungi dan meningkatkan sistem kekebalan untuk melakukan perlawanan terbaik kepada penyebab berbagai penyakit yang menyerang kesehatan.

 

Rial Aditya

Tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s