PANDUAN UNTUK PEMULA

cara mengatasi jamur yang tumbuh di dinding dan langit langit rumah (2)


Bagian 2 Menghilangkan Jamur

  1. tahap-1-menghilangkan-jamur-di-rumahKenali tanda-tanda masalah jamur. Biasanya, Anda bisa melihat jamur di plafon rumah. Jamur ini bisa berwarna hitam, hijau, cokelat, atau jingga. Indikator masalah jamur lainnya adalah cat yang retak atau mengelupas, warna yang pudar, munculnya sejumlah garis hitam, bau yang menyengat dan/atau apak dan lembap.
  1. tahap-2-menghilangkan-jamur-di-rumahHilangkan jamur segera setelah ditemukan. Menghilangkan jamur segera dan mengatasi penyebab jamur akan mencegah timbulnya pengaruh kesehatan yang buruk atau kerusakan permanen yang terjadi pada rumah. Hal ini juga akan membuat proses penghilangan jamur menjadi lebih mudah dan kemungkinan jamur tidak tumbuh kembali.
  1. tahap-3-menghilangkan-jamur-di-rumahCarilah cara yang aman untuk mencapai lokasi jamur. Gunakan tangga, bangku kecil, atau benda lain yang kuat untuk berdiri. Lebih baik lagi jika benda tersebut memiliki kaki berbahan karet atau antiselip agar tidak tergelincir. Jika tidak memiliki benda berkaki antiselip, belilah keset yang tidak bisa tergelincir untuk diletakkan di bawahnya, apalagi jika lantai licin (seperti lantai keramik).

 

  1. tahap-4-menghilangkan-jamur-di-rumahPeriksalah bahan yang digunakan untuk membuat plafon. Jika bahan plafon berpori (popcorn/plafon bertekstur, kayu, plafon gipsum, dan lain sebagainya) telah digunakan pada plafon rumah maka Anda tidak akan bisa membersihkan dengan benar. Jamur akan kembali dengan cepat nantinya. Anda harus menghilangkan bagian plafon yang terkena jamur dan menggantinya.
  1. tahap-5-menghilangkan-jamur-di-rumahPasang tangga dengan posisi yang benar. Letakkan bangku atau tangga di bawah bagian yang berjamur di langit-langit rumah. Berdirilah di sana dan jangkaulah plafon rumah. Periksalah apakah Anda bisa menjangkau plafon berjamur dan berada di lokasi yang aman.
  • Membersihkan jamur dengan lengan yang diangkat memerlukan kekuatan fisik dan fleksibilitas yang baik. Jika Anda memiliki masalah pada lengan, leher, atau pergelangan tangan, membersihkan sesuatu dengan gerakan menghadap ke atas untuk waktu yang lama bisa menimbulkan rasa sakit. Jika ini masalahnya, Anda bisa membersihkannya sebentar-sebentar diselingi beristirahat, atau mencari seseorang yang lebih kuat untuk melakukan proses pembersihan
  1. tahap-6-menghilangkan-jamur-di-rumahJika plafon rumah dicat dan catnya mengelupas, maka Anda harus menggunakan alat pengelupas cat untuk menghilangkan cat mengelupas. Hal ini akan membantu membersihkan jamur dengan memastikan tidak ada jamur lain di bawah cat yang mengelupas.
  1. tahap-7-menghilangkan-jamur-di-rumahGunakan sarung tangan untuk melindungi tangan dan pakailah pakaian yang sudah lama. Pakailah sarung tangan untuk melindungi tangan dari zat pembersih dan jamur. Pakailah pakaian yang sudah lama yang mudah dibersihkan dengan air yang sangat panas untuk menghilangkan spora yang jatuh mengenai Anda atau menyebar di udara.

 

 

  1. tahap-8-menghilangkan-jamur-di-rumahBuatlah larutan pembersih jamur. Ada beberapa pilihan untuk membuat larutan pembersih jamur. Larutan yang paling umum adalah campuran 2 sendok makan boraks, 50 ml cuka, dan 500 ml air panas yang akan membunuh jamur, menyegarkan udara, dan mengurangi peluang jamur tumbuh kembali. Boraks yang merupakan pembersih alami dan tidak mengeluarkan uap berbahaya adalah penyegar udara dan pencegah jamur alami. Boraks juga merupakan produk mineral dengan tingkat racun rendah dan biasanya harganya murah.
  • Cuka adalah asam ringan yang membasmi 82 persen spesies jamur yang bersifat alami dan aman. Cuka tidak beracun, tidak mengeluarkan uap berbahaya, dan merupakan penyegar udara, dan bisa didapatkan dengan harga murah di pasar swalayan. Cuka bisa disemprotkan secara langsung pada permukaan plafon dan didiamkan.
  • Soda kue bisa membasmi jamur, aman, dan menyegarkan udara. Soda kue dapat menyerap kelembapan untuk menangani jamur. Karena soda kue membasmi spesies jamur yang berbeda dari yang ditangani cuka. Maka kedua bahan ini seringkali digunakan bersama sebagai larutan pembasmi jamur. Gunakan 1 sendok teh soda kue dan 250 ml air.
  1. tahap-9-menghilangkan-jamur-di-rumahPakailah kacamata pengaman dan masker atau respirator. Benda-benda ini akan melindungi mata jika ada tetesan zat pembersih yang jatuh dari plafon ketika Anda membersihkannya. Karena beberapa zat pembersih jamur sedikit keras, maka melindungi mata adalah hal yang penting. Selain itu, spora jamur yang mati mudah menyebar di udara sehingga penting untuk mengenakan masker atau respirator saat proses pembersihan untuk mencegah terhirupnya spora yang tak sehat ini.
  • Pastikan ada ventilasi yang cukup saat membersihkan plafon rumah untuk mencegah terhirupnya spora di udara. Anda bisa menutup bagian-bagian rumah yang lain menggunakan lembaran plastik untuk mencegah penyebaran spora. Tutuplah pintu masuk dengan lembaran plastik dan arahkan kipas angin ke jendela yang terbuka agar spora terbawa ke luar rumah.
  1. tahap-10-menghilangkan-jamur-di-rumahSemprotkan larutan pembersih pada jamur yang terlihat di plafon rumah. Masukkan larutan pembersih ke dalam botol semprot dan semprotkan secara langsung pada jamur plafon. Hati-hati, jangan menyemprot terlalu banyak agar tidak mengenai Anda.
  1. tahap-11-menghilangkan-jamur-di-rumahGosok jamur menggunakan sisi kasar spons pembersih. Gosok ke depan dan belakang untuk menghilangkan jamur. Istirahat sejenak jika perlu, apalagi jika area yang berjamur luas. Anda mungkin juga perlu turun dan memindahkan bangku untuk mencapai seluruh bagian dari pertumbuhan jamur.

 

 

 

  1. tahap-12-menghilangkan-jamur-di-rumahBersihkan spons sering-sering untuk mencegah penyebaran jamur. Ketika Anda menggunakan kain pembersih, ganti dengan yang baru, atau bersihkan ketika Anda menggunakannya. Jika Anda tidak membersihkannya, maka ada risiko jamur pindah ke sekitar plafon dan tidak membersihkannya.
  1. tahap-10-menghilangkan-jamur-di-rumahSemprotkan larutan lagi. Setelah membersihkan jamur yang terlihat, semprot plafon sekali lagi untuk melapisinya dengan larutan pembasmi jamur. Hal ini akan mengurangi kemungkinan jamur muncul lagi setelah beberapa hari.

 

 

 

  1. tahap-14-menghilangkan-jamur-di-rumahBiarkan plafon mengering. Jika ada kipas angin, nyalakanlah. Selain itu, jika cuaca panas, bukalah jendela dan biarkan angin masuk. Hal ini akan membantu mengeringkan plafon dan mengeluarkan spora.
  1. tahap-15-menghilangkan-jamur-di-rumahAmpelas plafon. Jika plafon sudah pudar atau Anda berencana mengecat ulang plafon, maka Anda harus mengampelasnya. Ampelas bagian-bagian yang berjamur untuk menghilangkan jejak tersisa dan memberikan dasar yang baik untuk cat yang baru.

 

 

 

  1. tahap-16-menghilangkan-jamur-di-rumahCatlah plafon dengan cat tahan air. Cat tahan air akan mencegah jamur tumbuh kembali, apalagi jika pengembunan adalah penyebab jamur tersebut. Tanyalah merek cat yang cocok untuk kebutuhan Anda saat berada di toko perkakas rumah dan ikuti instruksi pemakaiannya.

Tips

  • Bersihkan jamur segera setelah ditemukan. Hal ini mencegah situasi agar tidak berbahaya dan/atau menyebabkan kerusakan permanen pada rumah.
  • Coba dulu larutan pembersih pada area yang kecil pada plafon untuk memastikan larutan tersebut tidak merusak plafon.
  • Pastikan Anda menemukan sumber jamur dan atasi masalah sebelum mulai membersihkannya, kalau tidak jamur akan tumbuh kembali.

 

Hal yang Anda Butuhkan

  • Tangga atau bangku
  • Spons dan/atau kain pembersih
  • Air di dalam ember atau botol semprot
  • Kacamata pengaman
  • Masker atau respirator

Sumber

  1. http://www.insulation.org/articles/article.cfm?id=io031002
  2. http://www.epa.gov/mold/moldguide.html
  3. http://removemoldguide.com/do-it-yourself/how-to-get-rid-of-mold/

Tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s