PANDUAN UNTUK PEMULA

cara mengatasi jamur yang tumbuh di dinding dan langit langit rumah


Bagian 1      Menghilangkan Sumber Jamur

Jamur pada plafon atau langit-langit rumah tidak sedap dipandang mata, tidak sehat, dan cukup sulit untuk dibersihkan. Jamur seperti ini juga bisa menyebabkan kerusakan permanen pada rumah dan harus ditangani segera. Mengikuti beberapa langkah mudah berikut dapat membantu Anda agar plafon bersih dan sehat

1. Periksa apakah ada kebocoran di atap rumah. Kebanyakan jamur yang tumbuh di plafon rumah berasal dari air yang menetes lewat atap yang bocor. Jika air berasal dari atap, maka Anda harus memperbaikinya sebelum membersihkan jamur. Jika atap tidak diperbaiki maka jamur akan tumbuh kembali.                tahap-1-menghilangkan-jamur-di-plafon-rumah

2. Pastikan ventilasi dan sirkulasi udara yang tepat. Seringkali terdapat jamur pada plafon kamar mandi dan dapur karena tidak ada ventilasi yang cukup. Anda bisa menambahkan kipas angin exhaust pada ruangan agar udara lembap bisa keluar.

tahap-2-menghilangkan-jamur-di-plafon-rumah

3. Coba biarkan cahaya alami masuk ke rumah. Jamur lebih senang tumbuh pada kondisi yang gelap, jadi membiarkan jendela terbuka memungkinkan sinar matahari membantu mencegah pertumbuhan koloni jamur pada plafon rumah. Jika Anda tidak bisa mendapatkan cahaya alami bisa diganti dengan lampu yang juga bisa menambah panas dan mengurangi pertumbuhan jamur.

tahap-3-menghilangkan-jamur-di-plafon-rumah

 

tahap-4-menghilangkan-jamur-di-plafon-rumah4. Perbaiki isolasi rumah. Jika rumah Anda memiliki isolasi yang buruk, maka hal ini bisa memicu pertumbuhan jamur, termasuk pada plafon. Efek udara dingin di luar dinding dan udara hangat di dalam dinding bisa menyebabkan pengembunan. Ketika lebih hangat, maka lebih banyak udara lembap berada di dinding yang dingin, maka terbentuklah pengembunan, sehingga muncul masalah jamur.

  • Isolasi memberikan penghalang antara udara dingin di luar dan udara hangat di dalam, sehingga mengurangi kondisi yang menyebabkan pertumbuhan jamur.
  • Isolasi harus diperbaiki pada dinding dan sekitar sistem pemanasan, ventilasi, dan pendingin ruangan

5. Periksa apakah ada koloni jamur yang besar pada satu sisi plafon dan hilangkan jika ada. Area kecil yang memiliki pertumbuhan jamur pada permukaan bawah plafon dapat mengindikasikan koloni besar pada sisi lain plafon. Jika Anda menghilangkan area kecil berjamur pada permukaan plafon tersebut namun masih ada koloni jamur yang besar pada sisi lain, maka jamur itu akan tumbuh kembali.

tahap-5-menghilangkan-jamur-di-plafon-rumah

6. Gunakan dehumidifier. Jamur menyukai kondisi yang lembap dan hangat. dehumidifier menghilangkan kelembapan dari udara sehingga dapat mengurangi kemampuan jamur untuk tumbuh dan berkembang

tahap-6-menghilangkan-jamur-di-plafon-rumah

7. Setelah mandi, biarkan pintu kamar mandi terbuka dan nyalakan exhaust setidaknya 15 menit agar uap air keluar. Hal ini dapat menghilangkan kelembapan yang disukai jamur untuk tumbuh.

tahap-7-menghilangkan-jamur-di-plafon-rumah

8. Gantunglah handuk di ruangan lain. Handuk basah bisa menambah kelembapan di dalam ruangan. Pastikan Anda menggantung handuk agar benar-benar kering, lebih baik di ruangan lain. Lakukan hal ini untuk meminimalkan kelembapan, sehingga mengurangi kondisi pertumbuhan jamur.

tahap-8-menghilangkan-jamur-di-plafon-rumah

Sumber

  1. http://www.insulation.org/articles/article.cfm?id=io031002
  2. http://www.epa.gov/mold/moldguide.html
  3. http://removemoldguide.com/do-it-yourself/how-to-get-rid-of-mold/

 

Tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s