PANDUAN UNTUK PEMULA

PENYEBAB KEGAGALAN / KONTAMINASI PADA MEDIA BAGLOG JAMUR DAN SOLUSINYA


Tidak sedikit  dari rekan-rekan yang bercerita mengenai banyaknya kegagalan saat membuat media baglog. Padahal pengukusan  sudah dilakukan hingga  lebih dari 8 jam. Tapi kenyataannya kegagalan berupa kontaminasi dari jamur lain seperti trichoderma yang berwarna hijau (kontaminan yang paling umum ditemui dalam budidaya jamur konsumsi) masih saja tinggi. Lalu apa sebenarnya penyebab masih terjadinya kontaminasi tersebut.

Dari gambaran yang diperoleh ada  beberapa kemungkinan yang menyebabkan terjadinya kontaminasi

    • Tidak optimalnya pengukusan

termometer pada steamer baglog jamur
termometer pada steamer baglog jamur

Kontaminasi pada media baglog kemungkinan disebabkan masih adanya mikroorganisme  yang masih bertahan hidup setelah proses pemanasan/pengukusan. Artinya proses pemanasan media baglog tersebut belum cukup / belum optimal (under process).

Tidak optimalnya pemanasan ini bisa diartikan 2 hal. Pertama Pemanasan/pengukusan tidak cukup lama untuk mematangkan media sekaligus mematikan mikroba dan jamur pengkontaminasi. Kedua suhu pemanasan yang tidak optimal. Suhu ideal untuk pengukusan di atas 90°C. Jika suhu di bawah ini atau tidak stabil (fluktuatif) maka kemungkinan kontaminasi cukup besar sekalipun di kukus dengan waktu yang terhitung lama.

  • Bangunan Kumbung  tidak ideal

Ideal bukan berarti harus berupa bangunan kumbung baru. Yang paling penting adalah kebersihan yang senantiasa terjaga. Sering ditemui kumbung-kumbung (rumah jamur) yang di dalamnya ditemui serangga seperti nyamuk atau lalat. Yang paling banyak biasanya berupa laba-laba.

kumbung jamur (rumah jamur )

Banyaknya serangga  bisa mengganggu baik dalam proses pembentukan miselium (proses pemutihan baglog) maupun pertumbuhan tubuh buah. Sebagai contoh banyaknya rumah laba-laba yang tersebar dalam kumbung bisa menjadi tempat menempelnya spora-spora jamur pengganggu (kontaminan) yang akhirnya menempel dalam baglog dan menjadi penyakit. Begitu pula serangga yang bisa menjadi pembawa (carrier) penyakit.

  • Tidak diterapkannya standar kerja
Standard Operational Procedur (SOP)

SOP (Standard Operational Procedur) merupakan syarat penting untuk menekan tingkat kegagalan yang tinggi. Penggunaan masker, alkohol, dan api merupakan syarat minimal yang diperlukan untuk menjaga kesterilan ruangan terutama pada saat proses inokulasi bibit.

  • Media tidak sempat dikomposkan

Pengomposan merupakan tahapan  yang sangat penting untuk menghasilkan  media baglog jamur yang baik (lapuk dan tidak menimbulkan penyakit). Serbuk kayu yang berasal dari tempat penggergajian (sawmill) biasanya masih baru dan keras. Pengukusan dengan steamer biasanya belum cukup optimal untuk menghasilkan media yang lapuk dan bersih. Untuk itu proses pengomposan menjadi sangat penting.

pengomposan media tanam jamur bisa menghasilkan suhu hingga 70 derajat celcius
pengomposan media tanam jamur

Pengomposan merupakan cara alami untuk melapukkan bahan-bahan terutama serbuk kayu sebagai bahan utama baglog jamur. Pada hari pertama sampai hari ketiga biasanya terjadi pemanasan sebagai hasil dari fermentasi hingga mencapai suhu 65°C bahkan lebih. Adanya pemanasan alami ini akan membantu pelapukan media sekaligus membunuh mikroba-mikroba pathogen (penyebab Penyakit), telur-telur serangga dan organisme lainnya.

Rial Aditya

RumaJamuR – Ganesha Mycosoft

15 thoughts on “PENYEBAB KEGAGALAN / KONTAMINASI PADA MEDIA BAGLOG JAMUR DAN SOLUSINYA”

  1. aku coba tanam jamur merang dalam baglog tapi s
    ering kali di dalam baglog tumbuh miselium berwana putih kehitaman hitaman….apakah ini normal untuk jamur merang dalam baglog?……

    Like

Tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s