PANDUAN UNTUK PEMULA

Jangan berhenti belajar, tetap semangat !


keep-learning-keep-spirited_google.yahooSahabat-sahabat, para petani pengusaha jamur, tahun 2016 tidak lama lagi akan berakhir, sepanjang tahun ini tentu banyak sekali pengalaman yang kita dapatkan. Kesedihan, kegembiraan, kesempitan, keluasan, kegagalan, kesuksesan, beragam rasa kita alami dan tentu pengalaman ini akan kita bawa ke tahun baru 2017. Tidak sedikit yang mengalami kesuksesan namun tidak sedikit pula yang merasakan hantaman keras dalam usahanya.

Apapun judulnya, sukses atau gagal, luas atau sempit, gembira atau sedih, saya meyakini semua itu adalah hasil. Tidak pernah ada kegagalan, yang ada adalah hasil. Hanya saja mungkin hasilnya belum sesuai dengan keinginan kita.  Bagi sahabat yang sudah merasakan kesuksesan jangan lupa berbagi tips tips suksesnya dan tetap kreatif, karena tidak jarang kesuksesan membuat kita lupa untuk tetap belajar dan berkembang. Bagi sahabat yang merasa hasilnya belum sesuai, jangan patah arang. Allah seringkali menghadiahkan ujian pada kita agar kita terus bertumbuh, semakin kreatif, semakin inovatif. Tetap semangat dan hadapi masalah dengan kepala tegap.

pusat-produksi-bibit-jamur-rumajamur-ganesha-mycosoft_fotor
bibit jamur induk F1

Sahabat sahabat, di akhir tahun 2016 ini juga, saya dan tim sedang melakukan beberapa riset mengenai degradasi plastik menggunakan miselium jamur dan membuat biomaterial menggunakan media jamur. kami juga sedang memulai melanjutkan project tahun lalu yang sempat tertunda yaitu membuat membuat video-video pendek mengenai jamur. Dengan tema Being Creative With Mushroom, video berupa tips tips sederhana berkreasi menanam jamur, mudah mudahan bermanfaat bagi rekan rekan petani dan juga sebagai salah satu jalan untuk mengenalkan jamur pada masyarakat luas sehingga harapannya kita semakin terbiasa dan akrab dengan beragam  jamur dan produk produk turunannya yang bermanfaat bagi kesehatan dan menghilangkan paradigma yang masih melekat di sebagian masyarakat kita bahwa jamur itu beracun.

Bertanam jamur pada dasarnya sangat sederhana, tidak harus menggunakan peralatan modern yang identik dengan modal besar. Kita bisa berkreasi dengan peralatan  yang ada di dapur rumah kita, dengan bahan-bahan yang murah bahkan menggunakan bahan-bahan limbah seperti ampas kopi, ampas teh,  kardus, daun daunan, sisa sisa sayuran, jerami,  dll.

Sahabat, mari terus berlomba dalam kreatifitas, berbagi pengetahuan dan pengalaman, menebarkan ilmu kebaikan. Nantikan video video dari kami. Being Creative With Mushroom.

Rial Aditya

RumaJamuR – Ganesha Mycosoft

 

workshop usaha jamur
workshop kuliner jamur
keripik jamur moyster

 

 

 

 

Tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s