PANDUAN UNTUK PEMULA

tentukan bibit jamur yang akan dikembangkan : pembuatan kultur spora jamur (artikel bersambung bagian 10)


2. Isolasi kultur spora

Isolasi dengan kultur spora pada prinsipnya adalah isolasi dari spora jamur yang fertil (subur), caranya hampir sama dengan isolasi kultur jaringan, bedanya hanya dalam  pengambilan eksplan. Pada isolasi kultur spora yang diambil sebagai eksplan adalah lamella (bilah) karena spora jamur menempel pada lamella jamur. Isolasi dengan kultur spora dapat dilaksanakan dengan monospora dan multispora (Rahardja, 1998)

jamur-tiram-dewasa-untuk-kultur-sporaPada isolasi kultur spora, bagian yang diambil yaitu bagian lamella/insang/gills yang terdapat di bagian bawah tudung jamur. Di bagian tersebut terdapat basidiospora tempat dihasilkannya spora. Dengan peralatan dan teknik yang sama dengan isolasi kultur jaringan, spora diambil dengan memotong satu atau lebih bagian kecil lamella dan ditanam pada media PDA.

Ada tujuan yang berbeda antara kultur spora dan kultur jaringan. Dengan teknik kultur jaringan, anakan yang dihasilkan akan sesuai dengan indukan. Sementara dengan teknik kultur spora, ada kemungkinan menghasilkan keturunan yang berbeda dari induknya, bisa lebih baik atau sebaliknya. Dengan demikian, jika anda mengharapkan bentuk yang stabil sesuai induknya maka sebaiknya menggunakan teknik kultur jaringan. Sebaliknya, jika Anda mengharapkan adanya variasi atau perubahan perubahan maka bisa dilakukan dengan menggunakan teknik kultur spora.

4. Inkubasi

mesin-inkubator-untuk-inkubasi-bibit-jamur-murni-f0Inkubasi merupakan tahap pertumbuhan miselium jamur setelah jaringan/spora ditanam pada media PDA. Ada
syarat-syarat yang sebaiknya dipenuhi supaya pertumbuhan miselium berjalan dengan baik. Salah satu yang paling penting yaitu suhu inkubasi. Idealnya suhu dijaga agar tetap hangat sekitar  28 °C. Suhu inkubasi yang ideal akan membantu mempercepat pertumbuhan miselium. Sebaliknya jika suhu inkubasi terlalu dingin (kurang dari 20 °C) atau terlalu panas (lebih dari 30  °C) miselium akan sulit tumbuh. Selain kondisi suhu yang harus dijaga, usahakan pencahayaan seminim mungkin. Jika memiliki inkubator khusus akan lebih baik. Kalaupun tidak, anda bisa memanfaatkan lemari atau boks styrofoam sebagai tempat inkubasi.

Lemari atau box plastik/styrofoam cukup efektif untuk dimanfaatkan sebagai ruang inkubasi. Jika anda bermaksud untuk memanfaatkan lemari, maka langkah pertama yang harus dilakukan yaitu memasukkan terlebih dahulu tabung reaksi/cawan petri/botol yang sudah diinokulasi jaringan jamur ke dalam wadah atau toples kemudian bungkus dengan plastik hitam, setelah itu baru disimpan di dalam lemari.

lemari untuk inkubasi bibit jamur

Cara lainnya yaitu dengan menggunakan box plastik/styrofoam. Agar suhu inkubasinya tetap stabil, dengan sedikit kreatifitas kita bisa memodifikasi box dengan cara menambahkan water heater. Pertama pasang water heater pada bagian dasar box. Set pada suhu 28-30 °C. Isi dengan air hingga ¼ tinggi box. Nyalakan water heater. Letakkan box kedua hingga dasarnya menyentuh permukaan air. Setelah itu inkubator buatan sudah bisa dipakai. Inkubator bisa digunakan baik untuk menyimpan bibit kultur (F0) maupun bibit turunannya (F1 dan F2).

inkubator-buatan-untuk-inkubasi-bibit-jamur-f0-f1-dan-f2

 

Rial Aditya

RumaJamuR – Ganesha Mycosoft

artikel pelengkap :

SIAPKAN SEGALA KEBUTUHAN HIDUP JAMUR (ARTIKEL BERSAMBUNG BAGIAN 7)

siapkan segala kebutuhan hidup jamur (artikel bersambung bagian 6)

MEMBIDIK JENIS JAMUR YANG AKAN DIBUDIDAYAKAN (ARTIKEL BERSAMBUNG BAGIAN 5)

JELAJAH DUNIA USAHA JAMUR

alternatif usaha yang bisa dipilih dalam bisnis jamur (artikel bersambung bagian 3)

MEMBIDIK JENIS JAMUR YANG AKAN DIBUDIDAYAKAN (ARTIKEL BERSAMBUNG BAGIAN 4)

video panen jamur super cepat

 

– ganesha mycosoft -, alternatif usaha yang bisa dipilih dalam bisnis jamur, bibit jamur, bing, cara membuat inkubator, cawan petri, eksplan jamur, google, inkubasi baglog jamur, inkubasi bibit jamur, inkubator, inkubator buatan, inkubator sederhana, isolasi kultur spora, jual cawan petri, jual tabung reaksi, jual water heater, kebun jamur organik, kultur jaringan, kultur spora, media PDA, mesin inkubasi, miselium jamur, organik, organikganesha, pembuatan kultur spora jamur, penghangat aquarium, pertumbuhan miselium jamur, potato dekstrose agar, potato dextrose agar, rial aditya, ruang inkubasi, spora jamur, suhu inkubasi baglog jamur, suhu inkubasi bibit jamur, tabung reaksi, tentukan bibit jamur yang akan dikembangkan, video panen jamur super cepat, water heater, yahoo,perusahaan jamur

 

Tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s