PANDUAN UNTUK PEMULA

Menumbuhkan Jamur dengan Media Ampas Kopi (kopi dan Jamur bagian 2)


Membudidayakan jamur tidak selalu harus menggunakan media dasar berupa serbuk gergajian kayu ataupun jerami. Ada banyak pilihan media limbah yang bisa dimanfaatkan, salah satunya ampas kopi.

Semakin bertebarannya warung dan cafe-cafe kopi saat ini membuka kesempatan bagi para pembudidaya jamur untuk memanfaatkan limbah/ampas kopi yang biasanya dibuang untuk dijadikan media pengganti serbuk gergajian kayu maupun jerami yang umum digunakan dalam usaha budidaya jamur.

Ada beberapa keunggulan dari ampas kopi bila dibandingkan dengan media lainnya, pertama teksturnya yang sudah halus sehingga tidak perlu upaya tambahan untuk mencacah atau menghaluskan media. Kedua, media ampas kopi tidak mudah terkontaminasi, kemungkinan dikarenakan medianya yang basa/pahit. Ketiga, tidak perlu memberikan banyak tambahan bahan lainnya seperti dedak ataupun kapur yang biasanya ditambahkan jika menggunakan media serbuk gergajian kayu ataupun jerami.

Rekan-rekan, di postingan kali ini saya ingin berbagi sedikit teknis cara mempersiapkan dan membuat media budidaya jamur dengan menggunakan ampas kopi. Ampas ini saya minta secara gratis dari rekan yang memiliki cafe kopi. Cukup bermodalkan wadah atau kardus untuk mengumpulkan ampas kopi dan bisa diambil setiap minggu setelah terkumpul cukup banyak.

Oke,berikut tahapannya, semoga bermanfaat

menumbuhkan-jamur-pada-media-ampas-kopi-rumajamur-organikganesha-pelatihan-jamur1. Didihkan ampas kopi selama 10-15 menit

menumbuhkan-jamur-pada-media-ampas-kopi-rumajamur-organikganesha-pelatihan-jamur-22. Saring dan peras ampas kopi hingga airnya tidak menetes lagi

menumbuhkan-jamur-pada-media-ampas-kopi-rumajamur-organikganesha-pelatihan-jamur-33. Siapkan wadah/cup yang sudah dialasi tissue

menumbuhkan-jamur-pada-media-ampas-kopi-rumajamur-organikganesha-pelatihan-jamur-44. pindahkan ampas kopi yang sudah diperas ke dalam wadah/cup kemudian padatkan menggunakan sendok

menumbuhkan-jamur-pada-media-ampas-kopi-rumajamur-organikganesha-pelatihan-jamur-6

5. siapkan bibit jamur yang akan ditumbuhkan, bisa menggunakan bibit jamur tiram, jamur kuping atau jamur lingzhi (bibit bisa dibeli di produsen atau petani jamur)

menumbuhkan-jamur-pada-media-ampas-kopi-rumajamur-organikganesha-pelatihan-jamur-7

6. taburkan 1-2 sendok makan bibit jamur di atas cup yang sudah diisi media ampas kopi, tutup menggunakan kertas atau koran,  inkubasi selama 2 minggu

budidaya-jamur-media-ampas-kopi-rumajamur-ganesha-mycosoft-rial-aditya

7. setelah 2 minggu, miselium jamur yang berwarna putih sudah menyebar rata. tutup kertas sudah bisa dibuka. lakukan penyiraman secara teratur pagi dan sore hari, tunggu hingga tubuh buah jamur tumbuh di atas permukaan cup

 

Rial Aditya / 08122199811

RumaJamuR – Ganesha Mycosoft

baca juga :

Fakta Sebenarnya Tentang Mitos Minum Kopi (Kopi dan Jamur bagian 1)

Sekilas Manfaat kombucha yang Luar Biasa

resep camilan jamur : bakwan jagung jamur tiram

siapkan segala kebutuhan hidup jamur (artikel bersambung bagian 6)

alternatif usaha yang bisa dipilih dalam bisnis jamur (artikel bersambung bagian 3)

 

tempat pelatihan jamur terlengkap di bandung bersama rumajamur ganesha mycosoft
Info Pelatihan Usaha Budidaya Jamur bersama RumaJamuR

 

3 thoughts on “Menumbuhkan Jamur dengan Media Ampas Kopi (kopi dan Jamur bagian 2)”

  1. Pagi pak,
    Salam sejahtera pak,
    Membaca artikel bapak, saya sangat tertarik. Bolehkan saya mendapatkan info detail via email pak ? Maaf bila saya terlalu memaksa.
    Karena saya tidak bertempat tinggal di Indonesia. Lokasi saya memiliki 4 musim. Dan cukup jauh dari Indonesia, yaitu di Selandia Baru.
    Saya mencoba membiakkan jamur tiram, Pada membuatan biang atau bibit, saya berhasil. Tetapi setelah dituangkan ke media kopi, saya mendapatkan kendala. Bibit tidak tumbuh, malah tampak di media kopi, warna hijau seperti lumut, tetapi tidak basah, jenis hijau kering.
    Untuk itu, mohon bantuan bapak, memberikan kiat jitu untuk saya.

    Sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan terima kasih banyak.

    Note :
    1.Apakah bisa di biakan didalam rumah pak ? Sebagai konsumsi keluarga saja.
    2. Dalam pembuatan biang atau bibit, hanya kopi saja sudah cukup toh pak ? Dalam arti tidak ditambahkan bahan lain, seperti jerami, kapur, dll. Demikian untuk medianya.

    Sebelum dan sesudah, saya sampaikan banyak banyak terima kasih pak.
    Selamat beraktifitas pak,
    Susie Guwanda

    Like

    1. Selamat sore Ibu Susie, semoga saya bisa bantu
      untuk media yang menjadi hijau itu karna ditumbuhi jamur liar (tricoderma). Sebaiknya media ampas kopi sebelum diberi bibit jamur, di rebus dulu sekitar 30-40 menit kemudian ditiriskan di wadah yang bersih

      (2). media ampas kopi sangat tinggi kandungan C / Carbonnya. Carbon yang terlalu tinggi menyebabkan jamur tiram sulit tumbuh. untuk itu perlu ditambahkan Nitrogen baik dalam bentuk pupuk pabrikan ataupun pupuk cair. tambahkan pupuk Nitrogen dengan jumlah 1% dari berat ampas kopi.
      (1) jamur tiram sangat bisa dibiakkan di dalam rumah baik menggunakan media ampas kopi, teh, ataupun limbah rumah tangga lainna seperti sayuran, daun daunan, dll.

      Like

Tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s