PANDUAN UNTUK PEMULA

Sterilisasi Baglog Jamur dengan Sistem Uap Panas Bertekanan


jamur-tiram-baglog jamur tiram.bibit jamur tiram rumajamur ganesha mycosoft

Salah satu bagian penting dalam proses pembuatan baglog jamur adalah sterilisasi baglog dengan cara dikukus. Pada umumnya petani atau pengusaha jamur menggunakan drum atau plat besi yang dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai kukusan/dandang berukuran besar. Sayangnya sistem kukusan seperti ini memang mengkondisikan kita untuk melakukan pengukusan dalam jangka waktu yang relatif lama. Rata rata petani biasanya melakukan pengukusan baglog ini antara 6-9 jam. bahkan ada yang mencapai 10 hingga 18 jam.

Salah satu alasan lamanya pengukusan ini dikarenakan kemampuan alat yang tidak mampu menahan tekanan tinggi terutama jika menggunakan bahan drum biasa. tentu saja, jika tekanan terlalu tinggi (tidak dibuang) drum bisa dipastikan akan meledak karna bahannya yang tipis. beberapa kali saya pernah  mendapat berita dari rekan rekan sesama petani jamur yang mengalami kecelakaan akibat ledakan steamer/kukusan karena kurangnya perhitungan mengenai kekuatan drum kukusan.

Jadi untuk amannya kebanyakan petani jamur biasanya membuang tekanan uap berlebih yang terdapat pada kukusan. Namun hal ini berefek pada lamanya pengukusan yang otomatis berakibat pada borosnya bahan bakar. (*note. untuk mematikan spora mikroba pengganggu dalam waktu yang cepat diperlukan kukusan/steamer dengan tekanan tinggi)

kukusan baglog jamur.sterilisasi baglog jamur.steamer bibit jamur.rumajamur ganesha mycosoft.rial aditya

Beberapa tahun yang lalu saya dan rekan mencoba memodifikasi kukusan baglog yang sebelumnya mirip dandang besar. Awalnya bahan bakar menggunakan kayu. Tapi bisa juga menggunakan smawar gas. Namun dikarenakan diameter dandang yang cukup besar otomatis diperlukan 2 titik api ( 2 smawar) agar pemanasan cepat dan stabil. Konsekuensinya tentu saja boros bahan bakar.

Karena pertimbangan ini (ingin menghemat biaya bahan bakar dan memperpendek waktu sterilisasi) akhirnya kami buat sistem tembak uap panas bertekanan / boiler. Bahan boiler yang kami buatpun berasal dari tabung gas bekas yang kami modifikasi sedemikian rupa. Kebetulan bahannya terbuat dari stainless yang cukup tebal sekitar 3-4 mm sehingga tahan tekanan tinggi.

Modifikasi kami lakukan baik pada pembuatan boiler maupun steamernya. Steamer/dandang yang sebelumnya dalam posisi berdiri kami pindahkan menjadi posisi tidur. hal ini tentunya untuk memudahkan dalam memasukkan dan menyusun baglog. Adapun bagian penutupnya karena sangat berat akhirnya kami Las dan dibuat pintu yang baru.  Berikut gambarannya :

kukusan-baglog-jamur-modifikasi. autoclave-sterilisasi media jamur                                                                                 steamer modifikasi

Untuk Boiler berikut gambar hasil modifikasinya. Untuk meminimalkan terjadinya kehilangan panas (heat loss)  maka dibuat tungku yang menutupi  boiler. Boiler yang berkapasitas 100 liter ini biasanya kami isi dengan air sekitar 40-60 liter.

boiler-modifikasi-untuk-sterilisasi-baglog-jamur_rumajamur-ganesha mycosoft.rial aditya.baglog jamur tiram

Boiler dan steamer setelah jadi :

steamer baglog jamur modifikasi rumajamur ganesha mycosoft_Fotor

Dengan teknik seperti ini hasilnya  mampu menghemat biaya bahan bakar hingga 50% dan memotong waktu sterilisasi menjadi 3-5 jam.

*note : Beberapa rekan yang memiliki   steamer dengan tekanan  tinggi bisa melakukan sterilisasi dalam waktu yang relatif singkat (1/2 – 1 jam).  tapi tentunya hal ini membutuhkan dana yang lumayan besar sesuai dengan biaya  bahan dan instalasinya.

steamer baglog jamur.autoclave sterilisasi baglog jamur_Fotor

 

Rial Aditya

RumaJamuR – Ganesha Mycosoft

pelatihan pembuatan bibit dan budidaya jamur di bandung bersama RumaJamuR

 

– ganesha mycosoft -, baglog, baglog jamur, baglog jamur tiram, bahan bakar, bisnis, boiler, Budidaya Jamur Dengan Cara Sederhana, cocok untuk industri produksi baglog jamur, entrepreneur, jamur, jamur kuping, jamur merang, jamur tiram, Jual Beli Mesin Steamer Baglog Jamur, Jual Mesin Steamer Baglog Jamur, kukus jamur, kukusan, kukusan baglog, kukusan baglog jamur, kukusan jamur, lingzhi, Mesin boiler dan steamer, Mesin Steamer Baglog Jamur Tiram, pelatihan budidaya jamur, peluang, peluang bisnis jamur, peluang usaha budidaya jamur, pressure gage, rial aditya, rumajamur, shiitake, steamer, steamer baglog jamur, steamer jamur tiram, steamer sederhana untuk sterilisasi baglog jamur, sterilisasi bibit jamur, sterilisasi media jamur, termometer, usaha, wirausaha, workshop pembuatan bibit dan budidaya jamur

5 thoughts on “Sterilisasi Baglog Jamur dengan Sistem Uap Panas Bertekanan”

  1. Perkenalkan dulu, nama saya Richardus Sudiro, umur 59 th.Alamat: Griyo Mapan Santoso Blok BD-20 Sidoarjo 61256 (Jawa Timur). Pesan: Saya sangat tertarik untuk belajar budidaya jamur lingzhi ini mulai dari awal hingga mampu menghasilkan.(buat kelanjutan biaya sekolah 3 anak saya).Bisakah saya ikut kursus dilapangan,apa persyaratan dan berapa biayanya, supaya bisa saya persiapkan, terima kasih.

    Like

Tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s