jamur kancing

Budidaya Jamur Kancing (2)


Budidaya Jamur Kancing

budidaya jamur kancing.jenis jenis jamur.agaricus bisporus.jamur kancing.champignon.rumajamur.organiganesha.rial aditya

Budidaya jamur kancing memiliki tahapan menyerupai budidaya jamur merang. Setelah proses fermentasi media selesai selanjutnya dilakukan tahapan tahapan berikut yaitu sterilisasi media, inokulasi bibit, inkubasi serta pemanenan.

2. Sterilisasi

Setelah tahap pengomposan selesai selanjutnya dilakukan sterilisasi di dalam ruang khusus atau kumbung yang tertutup rapat. Sterilisasi dilakukan dengan mengalirkan uap air panas selama 4-8 jam dengan suhu antara 60-70°C. Selanjutnya, suhu dipertahankan pada angka 40-50°C selama 12-24 jam.

3. Inokulasi/Penanaman Bibit

Setelah sterilisasi selesai dan suhu media telah menyamai suhu ruang, selanjutnya bibit ditebarkan di bagian atas dan tengah media. Kumbung jamur harus tertutup rapat seperti halnya dalam budidaya jamur merang.  Suhu di dalam kumbung dijaga antara 20-25°C, dengan kelembaban antara 80-90%. Sirkulasi udara di dalam kumbung harus merata. Untuk itu diperlukan penggunaan kipas angin atau bahkan AC sehingga sirkulasi udara akan tetap lancar sekalipun ruang dalam keadaan tertutup rapat.

Dalam waktu ±2 minggu, miselium sudah mulai tumbuh memenuhi permukaan media. Tahapan selanjutnya yaitu proses pelapisan tanah setebal 2,5-5 cm di atas kompos yang telah ditumbuhi miselium. Pelapisan tanah sangat penting dilakukan untuk menopang jamur agar dapat berdiri tegak. Selain itu beberapa manfaat lainnya yaitu :

a)      membentuk mikroklimat/kondisi ruangan yang lembab sehingga dapat merangsang pertumbuhan tubuh buah.

b)     Menahan air dalam kompos sehingga kompos tidak mudah kering.

c)      Mencegah terjadinya serangan hama dan penyakit.

Syarat tanah yang bisa digunakan untuk pelapisan kompos ini yaitu :

a)      Memiliki pH netral (pH ±7)

b)     Bersih dari hama dan penyakit (disterilisasi dengan menggunakan uap panas dengan suhu 70°C selama ±4 jam)

c)      Memiliki pori sehingga dapat menyimpan air.

Setelah proses pelapisan tanah selesai, pintu dan jendela ditutup kembali. Adapun sirkulasi dihasilkan dengan bantuan kipas angin. 14-20 hari setelah proses pelapisan tanah, mulai diberikan aerasi dengan membuka lubang ventilasi baik  dari pintu ataupun jendela. Suhu ruangan untuk tahap pembentukan tubuh buah ini dijaga antara 16-20°C. Kisaran suhu ini dapat diperoleh dengan bantuan penyiraman atau pendingin AC, atau dengan membuka pintu dan jendela. Cara lain yang lebih sederhana yaitu dengan menyimpan balok balok es di dalam ruangan. Perlakuan suhu rendah ini bertujuan untuk memicu perubahan fisiologis dari pertumbuhan miselium ke pembentukan tubuh buah.

3. Pemanenan

jamur kancing agaricus bisporus champignon.perusahaan jamur

Beberapa hari setelah pengondisian dengan suhu rendah, bakal tubuh buah jamur akan mulai tumbuh. Rentang 10-15 hari setelah munculnya bakal tubuh buah,  jamur kancing sudah siap panen. Pemanenan dilakukan pada saat jamur dalam stadium kancing.

Rial Aditya

7 thoughts on “Budidaya Jamur Kancing (2)”

  1. Ass,Bos klw pasterisasinya lngsung d wadah/drum bgmna? Brp /kg ny d psar? Klw d Bandung ad gk jmr kncing? Trmksh.Wsllmkm,Wr.Wb.

    Like

  2. Assalamu’alaikum ,

    Mas adit gimana kabarnya, sukses sl’lalu !, Ada point yang saya tanyakan seputar budidaya jamur .
    1. Mas plz minta pnjelasan knapa untuk jamur merang/champignon harus dilakukan proses pasteurisasi pada kumbung?kal dengan sterilisasi mungkin ga bisa dilakukan(media utamanya)?
    2. Secara logika mnurut saya, dalam kumbung jamur merang dibuat pasteurisasi pada area rak bendengan saja(menutup rak dengan plastik/terpal dan mengalirkan uap pnasnya, jadi tidak harus seluruh ruangan kumbung, tapi dengan mnggunkan boiler/katel uap, alasnnya apa ma?

    Thks mas.

    Like

Tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s