Investasi Resto

Profil CV. Ganesha Mycosoft

Ganesha Mycosoft merupakan perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis dan kuliner jamur meliputi usaha dari hulu hingga hilir, mulai dari produksi bibit jamur, budidaya jamur, hingga kuliner jamur. Usaha ini dirintis oleh Rial Aditya dan Erlangga Bintang Praditya semasa kuliah di biologi ITB tahun 2005. Untuk memudahkan aktifitas usaha, maka di tahun 2011 didirikanlah badan usaha dengan nama CV. Ganesha Mycosoft (GM) dengan tambahan tim inti yaitu Winda Agustiani, Enjang Kusmana, dan Arya Suhartawan.

Pada awalnya usaha ini hanya bergerak di sektor budidaya jamur tiram yang berlokasi di Cisarua Bandung Barat. Memasuki pertengahan tahun 2012, GM terus mengembangkan diri memasuki industri hilir berbahan pangan jamur. Tingginya produksi jamur yang dihasilkan di Bandung sebagai salah satu sentra jamur tiram terbesar di Indonesia mendorong GM untuk terus berkreasi dalam upaya meningkatkan nilai jual sekaligus sebagai bentuk promosi edukasi jamur konsumsi yang merupakan pangan sehat dan pangan alternatif,  baik di masa kini maupun masa depan.

Untuk merealisasikannya, CV. Ganesha Mycosoft merilis 2 buah brand yaitu  RumaJamuR dan Moyster dengan berbagai produk kuliner jamur yang sudah dihasilkan diantaranya keripik jamur, kerupuk jamur, nugget jamur, pempek jamur, siomay jamur, burger jamur, bakpau jamur, abon jamur, cistik jamur, kue kering jamur, dll.

VISI

Menjadi perusahaan Nasional dalam agriindustri jamur terintegrasi

MISI

  • Memberdayakan masyarakat melalui penyerapan tenaga kerja produktif
  • Membangun pusat pelatihan dan pendampingan bagi petani jamur maupun masyarakat umum, di Bandung dan di Indonesia pada umumnya.
  • Membentuk plasma-plasma tani dan asosiasi petani jamur sehingga mampu pengoptimalkan produk yang dihasilkan baik dari segi harga maupun ketersediaan hasil produksi.
  • Mempopulerkan jamur terutama jamur tiram dalam bentuk panganan olahan melalui pendekatan kualitas (cita rasa, pelayanan, packaging, serta kesehatan).
  • Memperluas jalur distribusi dan pemasaran melalui sistem kemitraan
  • Membangun pusat produksi kuliner yang bertempat di Bandung

 

Analisis Pasar

Kebutuhan dan kesadaran masyarakat atas pola hidup serta makanan yang sehat  saat ini terus meningkat ditengah segala macam kesibukan dan hiruk pikuk kehidupan terutama daerah perkotaan. Maraknya pemberitaan mengenai  makanan cepat saji yang tidak sehat serta jajanan makanan yang diolah  dengan cara yang tidak layak menuntut masyarakat untuk  berhati hati dan semakin pandai dalam  memilah produk makanan yang aman dan sehat.  Jamur dengan segala kelebihannya menawarkan solusi yang tepat. Diolah dalam bentuk makanan cepat saji namun lezat dan  menyehatkan, hal ini menawarkan pilihan baru yang sangat layak untuk diperkenalkan kepada masyarakat.

1)    Konsep Usaha

Dengan mengusung konsep healthy fast food and organic, bisnis kuliner jamur ini akan diperkenalkan melalui dua model usaha yaitu dalam bentuk restoran yang berfungsi sekaligus sebagai outlet pusat, serta kedai-kedai jamur yang  harapannya bisa terus berkembang  dan  tersebar di Bandung dan seluruh Indonesia melalui sistem kemitraan bagi hasil.

2)   Deskripsi Produk

Produk  yang ditawarkan yaitu berbagai jenis olahan kuliner jamur terutama yang berasal dari  jamur tiram. Adapun jenis-jenis olahan jamur yang disajikan seperti katsu jamur, pempek jamur, nugget jamur, siomay jamur, burger jamur, mushroom bento, keripik jamur, dll. Adapun untuk Restoran juga dilengkapi dengan menu menu seperti sate jamur, rendang jamur, sup krim jamur,, tongseng jamur, dsb.

3)    Deskripsi Konsumen

Melalui gambaran di atas, maka berdasarkan variabel demografis, segmen  konsumen yang bisa dibidik dalam bisnis ini pada dasarnya adalah masyarakat umum, mulai dari  pelajar/mahasiswa, wiraswasta, pegawai kantor, dan tentu saja keluarga.

Segmentasi Pasar

  • Perumahan dan pusat keramaian
  • Dekat perkantoran dan Kampus
  • Mall, Food Court dan Pasar Grosir

Analisis Keuangan

analisis keuangan restoran rumajamur

 

Penutup

Demikian Business Plan pengembangan usaha Resto kuliner jamur  ini penulis susun. Dari hasil analisis dan pengalaman penulis mengenai peluang bisnis, pemasaran, operasional, dan keuangan, penulis optimis bahwa usaha resto kuliner jamur ini sangat layak dan memiliki prospek untuk terus berkembang.

 

Wassalam,

 

Rial Aditya / CV Ganesha Mycosoft

08122199811

Tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s